MSC LAW FIRM, Beri Penghargaan Kapolsek dan Bhabinkamtibmas di Soropia

Kendari, Sultrapost.ID – Kantor hukum MSC LAW FIRM memberi penghargaan kepada Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Soropia, IPTU. Iyan Sofyan, S.Si., dan seorang Bhayangkara Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) wilayah desa Bajo Indah kecamatan Soropia kabupaten Konawe, Bripka Muhammad Akbar.

Menurut Pimpinan MSC LAW FIRM, Masri Said SH MH., penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas atensi dan dukungan dalam penyelesaian perselisihan dilingkungan masyarakat desa Bajo Indah, dengan lebih mengedepankan pendekatan alternatif penyelesaian sengketa (alternative dispute resolution).

Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Bhabinkamtibmas Polsek Soropia, Bripka Muhammad Akbar.

“Berawal dari permasalahan hukum warga desa Bajo Indah yang ditangani langsung oleh Divisi Probono Kantor Hukum MSC LAW FIRM, dimana warga yang terdiri dari beberapa orang ahli waris mendatangi kantor kami untuk meminta bantuan hukum, guna memperjuangkan hak atas bidang tanah peninggalan orang tua mereka yang telah diklaim oleh pihak lain secara tidak sah dan melawan hukum,” katanya, Selasa 31 Desember 2019.

“Oleh karena para ahli waris merupakan keluarga tidak mampu akhirnya Firma Hukum kami memutuskan untuk tetap menerima dan menangani masalah hukum para ahli waris tersebut. Klaim atas tanah tersebut terkait dengan upaya pembebasan lahan oleh pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam proyek pembangunan jalan wisata Kendari- Toronipa,” sambung Masri.

Lebih lanjut Masri menjelaskan, dalam proses pembebasan lahan tersebut, mafia tanah kerapkali beraksi dengan melakukan klaim atas tanah warga dengan cara yang tidak sah dangn memanfaatkan pemerintah desa untuk melegitimasi pengakuan hak atas tanah itu. Namun berkat kerja keras tim lawyer khususnya divisi probono, serta berkat bantuan serta dukungan pihak aparat kepolisian yang telah memfasilitasi dan memediasi warga dalam upaya penyelesaian perselisihan sehingga hak hak warga yang nyaris hilang bisa kembali.

“Al hasil perselisihan antar warga dinyatakan selesai dan saat ini klien kami telah menerima hak ganti rugi lahan dari pemerintah,” tambah dia.

Pihaknya sangat mengapresiasi sikap bijak dari bapak Kapolsek Soropia yang mengedepankan pendekatan alternatif penyelesaian sengketa melalui mediasi, sebelum melakukan proses hukum.

“Beliau sangat tegas dan tidak kompromi dengan pihak pihak yang mencoba mengambil hak warga dengancara yang tidak sah dan melawan hukum,” ucap pria kelahiran Pulau Kabaena ini.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi Bhabinkamtibmas desa Bajo Indah, yang memiliki integritas dan jiwa sosial yang tinggi, serta begitu akrab dan dekat dengan masyarakat.

“Beliau mewakafkan sebagian besar waktunya untuk didedikasikan kepada masyarakat demi terciptanya situasi yang damai, aman dan kondusif,” tutup Masri seraya berharap agar penghargaan itu, dapat bermanfaat demi mendorong kinerja yang lebih baik, profesional dan humanis dengan landasan integritas yang kuat dikalangan semua aparat penegak hukum.

Laporan: Andri

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.