Pangdam Hasanuddin Diberi Gelar “Anakia Pobendeno Wonua Mekongga” Oleh Dewan Adat Mekongga

 

Kolaka, Sultrapost.ID – Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka diberi gelar penghormatan sebagai “Anakia Pobendeno Wonua Mekongga” atau Bangsawan Pelindung Bumi Mekongga oleh Majelis Adat Mekongga, Kamis 28 Januari 2021.

Gelar yang diberikan kepadanya merupakan suatu kehormatan dari masyarakat, karena dianggap mampu melindungi Bumi Mekongga.

Prosesi pemberian gelar tersebut ditandai dengan pemakaian baju kebesaran kerajaan Mekongga dan cendramata berupa Ta’awu yang merupakan parang adat Mekongga serta sertifikat yang diserahkan langsung oleh Bokeo Kerjaan Mekongga, Drs. Khaerun Dachlan dan Ketua Dewan Adat, Muh. Jayadin.

Dalam sambutannya Muh. Jayadin menjelaskan, ada beberapa macam gelar kehormatan yang dapat diberikan kepada tamu yang berkunjung ke Mekongga, berdasarkan kriteria yang dimiliki. Namun tidak semua tamu dapat mendapat gelar.

“Gelar Anakia sebagai kehormatan kepada orang yang memiliki hubungan dari keterunan atau Gelar yang diberikan kepada seseorang berdasarkan penilaian dan melalui musyawarah adat,” jelasnya.

Sedangkan Pobendenno atau pelindung adalah gelar yang diberikan kepada orang yang memiliki kapasitas mampu melindungi bumi mekongga.

“Nah sebagai Pangdam, Mayjen TNI Andi Sumangerukka memang bertugas dalam melindungi semua wilayah teritorialnya termaksud didalamnya wilayah Mekongga,” ujcapnya.

Lanjut Wakil Bupati Kolaka itu, sehingga tidak semua tamu yang dapat diberikan gelar penghormatan, hanya orang-orang yang memilikinkritwria tersebut.

“Semakin besar penghormatan yang kita berikan maka semakin besar pula penghormatan yang kita dapatkan,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Mayjen TNI Andi Sumangerukka dalam sambutannya mengaku sangat berterima kasih atas gelar kehormatan yang diberikan kepada nya. Sebab ini akan menjadi spirit baginya dalam menjalankan amanah.

“Betapa sebuah kebahagiaan yang tiada tara bisa mendapatkan gelar ini. Saya secara pribadi beserta keluarga dan kedinasan sangat berterima kasih,” ungkapnya.

Dia berjanji akan menjalankan amanah untuk menjaga dan melindungi seluruh masyarakat Mekongga.

“Karena dengan ini saya sudah menjadi sebahagian dari masyarakat Mekongga. Semoga ini menjadi berkah bagi Bumi Mekongga,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebelum prosesi pemberian gelar kehormatan itu berlangsung, Pangdam Hasanuddin menyempatkan diri berziarah ke makam Raja ke-8 Sangia Nibandera.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.