Panitia Penyelenggara Musda XV KNPI Sultra Dinilai Berpihak Pada Putra Gubernur

 

Kendari, Sultrapost.ID – Salah satu bakal calon ketua KNPI Sultra, Jaswanto terpaksa harus mundur dari pencalonannya, lantaran kecewa terhadap panitia penyelenggara Musyawarah Daerah (Musda) ke XV yang dinilai syarat akan kepentingan.

Dirinya menganggap Steering Comite (SC) dan Organizing Comite (OC) memihak kepada salah satu calon ketua, yakni Alvin Akawijaya Putra yang merupakan putra dari Gubernur Sultra, Ali Mazi.

“Saya menarik diri dan tidak melanjutkan proses pendaftaran. Seluruh berkas pendaftaran sudah saya tarik dari Musda settingan ini. Karena SC dan OC kami nilai sangat berpihak pada pencalonan anak Gubernur,” tegasnya, Jum’at 28 Mei 2021.

Menurut Advokat muda ini, keterlibatan salah satu SC dalam proses penyaringan calon ketua, sangat jelas menggambarkan jika Musda ke XV memang di persiapkan untuk putra Gubernur Sultra.

“Keterlibatan salah satu SC, Tahir Lakimi dari awal proses pendaftaran dengan mewakili bakal calon, Alvian Akawijaya Putra mengambil formulir sampai turut mendampingi penyerahan berkas pendaftaran kepada panitia penyelenggara di nilai Musda KNPI ini disiapkan hanya untuk anak Gubernur,” ungkapnya.

Lanjutnya, seharusnya momentum Musda menjadi ajang tarung dan gagasan para pemuda di Bumi Anoa, apalagi Musda kali ini adalah rekonsiliasi dari tiga versi KNPI yang harus di laksanakan dengan baik, jangan diciderai oleh kepentingan mereka yang harusnya pensiun dari urusan-urusan OKP dan Kepemudaan.

Jika Musda tetap dipaksakan berjalan tentu ini akan melahirkan polarisasi dan perpecahan diantara pemuda di Sultra, padahal esensi penyelenggaraan ‘Musda Bersama’ upaya penyatuan tiga kubu KNPI yang sempat terpecah tapi justru menciptakan konflik hanya karena memaksakan kehendak untuk menjadikan Ketua KNPI salah satu Calon.

“Kami meminta panitia untuk menunda pelaksanaan Musda KNPI Sulawesi Tenggara ke XV dengan menyusun komposisi kepanitiaan baru yang terbuka, netral dan adil di isi oleh orang orang sehat jauh dari keberpihakan pada salah satu Calon demi terwujudnya persatuan pemuda di Sultra.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.