BannerDepan

Pekat IB Sultra dan Kodim 1417/Kendari Salurkan 4.800 Liter Air Bersih ke Warga Kendari

Kendari, Sultrapost.ID – Guna mengatasi kebutuhan air bersih warga, Pembela Kesatuan Indonesia Bersatu (Pekat IB) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Kodim 1417/Kendari menyalurkan 4.800 air bersih secara gratis kepada warga di Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Rabu 8 November 2023.

Gerakan sosial tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Pekat IB Sultra dan TNI terhadap warga yang tengah menghadapi penomena pemanasan suhu muka laut atau yang dikenal dengan sebutan El Nino.

Pembagian air bersih itu disalurkan disetiap rumah-rumah warga. Warga telihat berlomba-lomba dalam mengambil wadah untuk penampungan air.

Nisfu Saban Sekretaris DPW Pekat IB Sultra mengatakan tujuan pristribusan air ini adalah untuk membantu masyarakat yang beberapa bulan trakhir bulan ini mereka susah untuk mendapatkan air bersih.

“Kami disini melakukan pendistribusian air untuk meringankan kehidupan masyarakat yang selama ini kekurangan air bersih disebabkan oleh kemarau panjang, dan ini merupakan fasilitas kita dari pihak TNI,” ucapnya.

Dia berharap pemerintah setempat agar bisa terjun langsung di lapangan supaya bisa melihat kondisi air masyarakat yang terdampak kekeringan atau kemarau panjang di beberapa kelurahan di Kota Kendari.

“Kita berharap juga dari ormas lain agar bisa bersinergis dengan kita  dan membuka ruang supaya kita sama-sama bisa terjun secara langsung meringankan beban masyarakat yang kekurangan air bersih dikota Kendari ini,” tutur Nisfu.

Kodim 1417/Kendari,  Laswandar mengatakan Ormas Pekat IB Sultra telah berkolaborasi dengan TNI, dalam hal ini pembagian air bersih pada masyarakat Abeli. Karena beberapa bulan terakhir ini Kota Kendari mengalami kekeringan air dan Sumur masyarakat disini sudah mulai kering.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Ormas Pekat IB Sultra yang sudah bersinergi dengan TNI menyalurkan air bersih. Saya berharap dengan Bantuan Air Bersih ini dapat meringankan beban warga yang dilanda kekeringan,” ucapanya.

Dia juga berharap Ormas di Kendari ikut terlibat dalam merespon yang di hadapi masyarakat dalam musim kemarau ini.

“Harapan saya ormas-ormas yang lain juga bergabung menyalurkan air bersih, khususnya di Kota Kendari dan masyarakat setempat yang sangat membutuhkan air bersih,” harapnya.

Di tempat yang sama, Warga Abeli Ibu Risna (50) mengatakan di Musim kemarau ini keluhkan air yang jarang mengalir dan selalu membeli air Tower untuk kebutuhan hidup.

“Kami bersyukur sekali dengan bantuan penyaluran air bersih ini dari Pekat IB Sultra dan TNI, karena kami kesusahan air bersih selama musim kemarau panjang, semoga ada lagi bantuan selanjutnya, karena kita stengah mati di sini.” harapnya.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.