BannerDepan

Pemdes Tapuhaka Fokus Bangun Infrastruktur dan Fasilitas Penunjang Kebutuhan Masyarakat

Bombana, Sultrapost.id –  Pemerintah Desa Tapuhaka, Kecamatan Kabaena Timur, Kabupaten Bombana saat ini tengah fokus membangun infrastrukutur berupa Drainase serta beberapa fasilitas penunjang untuk kebutuhan masyarakatnya seperti, Bedah Rumah dan Pembangunan sarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kepala Desa (Kades) Tapuhaka, Dedi Darno saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis 13 September 2018 mengatakan, bahwa pembangunan drainase  serta beberapa fasilitas penunjang lainnya yang menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2018, merupakan hasil musyawarah dengan warga.

“Hasil musyawarah kami dengan warga, DD tahun ini di alokasikan untuk pembangunan drainase, bedah rumah dan pembangunan sarana pendidikan anak yakni PAUD. Namun prioritas utama kami adalah darinase,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dari bebrapa item pembangunan saat ini, drainase sepanjang 400 meter dengan tinggi satu meter, merupakan prioritas utama Pemdes Tapuhaka. Dimana anggaran yang diserap melalui DD hampir mencapi 50 persen atau sebesar Rp 385 Juta. Hal ini di karenakan, wilayah di desa tersebut merupakan langganan banjir ketika datangnya musim penghujan.

“Meski rata-rata warga disini rumah panggung, namun setiap banjir barang-barang yang ada di bawah rumahnya itu, habis di bawa banjir, mulai dari kendaraan hingga peralatan untuk mencari nafkah merka. Makanya kita bangunkan drainase sepanjang 400 meter dengan tinggi 1 meter, agar dapat menampung debit air,” jelasnaya.

Lanjutnya, selain drainase dan beberapa pembangunan fasilitas penunjang  lainnya seperti,  pembangunan sarana pendidikan untuk PAUD, yang menggunakan anggaran sebesar Rp 225 Juta dan bedah rumah dengan anggaran sebesar Rp 62 Juta, Pihaknya juga membangun Deker dan melakukan pembenahan destinasi wisata  di pulau Damalawa.

“Kami juga membangun Deker, menyediakan pipa untuk menyalurkan air bersih ke Pulau Damalawa agar ditempat wisata itu mendapatkan air bersih yang akan menunjang potensi pariwisata. Karena kami masyarakat desa  sangat mendukung program Pemerintah dalam peningkatan potensi pariwisata di daerah kami,” tutupnya

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.