BannerDepan

Pemilik Kapal di Bombana Dihimbau Patuhi UU Nomor 17 Tahun 2008

Bombana, Sultrapost.ID – Pemilik kapal yang beroperasi diwilayah perairan kabupaten Bombana dihimbau agar mematuhi dan memperhatikan Undang Undang (UU) nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran.

Hal diketahui berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Bombana nomor 550/251/2018, yang ditanda tangani sejak tanggal 19 Desember 2018 lalu oleh Kepala Dishub Bombana Syahrun ST.

Himbauan ini dikeluarkan dalam rangka peningkatan dan pengawasan lalu lintas angkutan laut dan keselamatan pelayaran.

Adapun poin poin yang diminta untuk di perhatikan dalam surat edaran itu adalah:

  1. Pemilik/Operator Kapal/Nahkoda melengkapi kapalnya dengan alat keselamatan pemadam kebakaran, pelampung penolong / Life Boy dan baju pelampung / Life Jaket (Jumlah Life Jaket sesuai dengan jumlah penumpang dan Crew / ABK ditambah 15% dari total jumlah sebagai cadangan).
  2. Pemilik / Operator Kapal / Nahkoda membuat dan mengisi Daftar Crew ABK, Daftar Penumpang dan Daftar Muatan (Manifest) setiap kali pemberangkatan.
  3. Kapal Penumpang yang memuat Barang Berbahaya mudah terbakar, harus memenuhi persyaratan Pengemasan, Penumpukan dan Penyimpanan selama berada di atas kapal.
  4. Kapal Motor Nelayan dan Kapal Khusus Bahan Bakar Minyak (BBM) sesuai peruntukannya tidak dibenarkan memuat penumpang.
  5. Kapal dengan kecepatan tinggi/Speed Boad tidak dibenarkan beroperasi pada waktu malam hari.
  6. Regulator/Petugas Yang Berwenang menunda waktu keberangkatan kapal bilamana mengetahui kondisi cuaca buruk dan faktor kelaikan kapal tidak terpenuhi.
  7. Mengurus Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dan mamastikan kewajiban-kewajiban lainnya sudah terpenuhi sesuai peraturan-peraturan yang berlaku.

Laporan: Adi

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.