Pemkab Muna Lakukan Pengapalan Perdana Jagung Via Tol Laut

Muna, Sultrapost.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna lakukan pengiriman perdana jagung kuning hasil komoditi petani asal kecamatan Kabangka melalui via Tol Laut Kandahaga Nusantara 4 di Pelabuhan Nusantara Raha, Pada jumat, 22 Maret 2019.

Kontainer Berisi Jagung Kuning Yang Akan Di Muat Ke Tol Laut Kandahaga Nusantara 4. Foto: Ison

Hasil komoditi jagung kuning ini dikembangkan oleh Kelompok Usaha Tani Sipatukong dibawah binaan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) kabupaten Muna yang terletak di kecamatan Kabangka.

“Dengan masuknya Tol Laut di Muna dapat memberikan peluang besar bagi petani dalam berwirausaha dan dapat memudahkan dalam menjangkau pasar ,” terang Wakil Bupati Muna, Malik Ditu saat melepas pengapalan.

Selain itu Pemkab Muna juga akan terus melakukan pengawalan dan pembinan dalam merangsang pertumbuhan ekonomi lewat hasil pertanian dan perkebunan.

Ia juga membandingkan soal harga jual jagung kuning yang nilainya lebih tinggi yang mencapai lima ribu rupiah perkilo gram dibanding harga “or nikel” didaerah daerah lain di Sultra.

“Tentu saja komoditi jagung kuning lebih menjanjikan untuk mewujudkan cita cita kita seperti apa yang diharapkan Bupati Muna,” imbuhnya.

Ia menambahkan, kabupaten Muna sendiri memiliki kurang lebih 1.000 hektar lahan pertanian jagung dan itu dikelolah langsung oleh masyarakat dibawah binaan Dinas TPHP.

“Bisa jadi dengan pengapalan perdana ini, dinas dinas lain bisa memperlihatkan pula keseriusannya dalam membangun daerah kita ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui pengapalan sementara sebanyak 72 ton jagung kuning yang dibeli oleh P.T Seger Agro Nusantara asal Makasar, Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan stok tak terbatas.

Penulis: Ison

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.