Penyakit ISPA, Kasus Terbanyak Yang Ditangani Puskesmas Rumbia

Bombana, Sultrapost.ID – Dari 10 besar penyakit yang ditangani oleh Pusat Kesahatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana, Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) rupanya yang terbanyak di tahun 2018 ini.

Tercatat ada 262 kasus yang ditangani oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) itu, dibandingkan korban kecelakaan dan penyakit lainnya.

“Di tahun ini, dari 10 penyakit yang kami tangani ISPA memang paling banyak. Ada 262 kasus ketimbang penyakit lain dan kecelakaan,” ungkap Rahmat, Kepala Puskesmas (Kapus) saat ditemui diruangannya, Senin 3 Desember 2018 lalu.

Lanjutnya, dari 262 kasus ISPA yang ditangani Puskesmas, terdapat satu penderita yang berumur dua tahun masuk kategori parah, hingga merusak rongga pernapasan anak tersebut.

“Ada satu pasien berumur dua tahun yang sudah parah. Ketika bernafas rongga dada anak itu sakit,” sebutnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya telah berupaya melakukan pencegahan penyakit yang terjangkit akibat lingkungan kotor dan debu itu.

“Kami sepalu melakukan penyuluhan dan konseling MTBS lintas sektor yang melibatkan camat dan desa, serta melakukan bimbingan terpadu,” pungkasnya.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.