Poros Muda Sultra Laporkan Dugaan Penambangan Ilegal di Lahan Cela PT Macika dan Jagad

 

Kendari, Sultrapost.ID – Poros Muda Sultra melaporkan dugaan penambangan ilegal di lahan PT Macika Mada Madana (MMM) dan PT Jagad Rayatama (JRA) di Polda.

Ketua Poros Muda Sultra, Jefri mengatakan ada oknum camat beserta oknum sipil tengah melakukan penambangan liar di lahan celah kedua perusahan tersebut.

“Saya sudah cek ke lokasi, dan saya melihat langsung kegiatan penambangan. Ada 3 unit alat berat sedang beraktivitas disana,” ungkapnya, Senin 19 Oktober 2020.

Bahkan pihaknya juga sudah mengecek langsung aktivitas pemuatan Ore Nikel dari lokasi penambangan menuju kapal tongkang yang berada di Jety PT Tripple Eight Energy (TEE).

“Anehnya lagi, dokumen yang dipakai untuk melakukan pelayaran kapal tongkang diduga milik PT. Integra Mining Nusantara,” bebernya.

Lanjutnya, aktivitas yang dilakukan oleh oknum tersebut tentunya telah menyalahi undang-undang nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara.

“Saya sudah laporkan di Polda Sultra, tanggal 9 Oktober kemarin. Saya juga sudah mengadukan di ESDM Sultra agar segera di tindak. Dokumen pelaporan saya sangat lengkap, semua dokumentasi dan informasi dari masyarakat sekitar saya sudah kantongi, jadi tidak ada alasan lagi bagi Krimsus Polda Sultra untuk tidak menindaki laporan saya,” ucapnya.

Jefri menegaskan, jika tidak ada progres penyidikan di Polda Sultra, dirinya akan melaporkan langsung ke KPK RI dan Bareskrim Polri.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.