POSPERA Bombana Pertanyakan Konsistensi PT BIG Terkait Tiga Aspek Ini !

Bombana, Sultrapost.ID – Investasi Rp 30 Triliun yang digelontorkan oleh PT Bishi Industri Group (BIG) untuk membangun industri baja-nya di Kecamatan Mataoleo, Kabupaten Bombana mulai disorot Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA) Bombana.

Lembaga besutan Adian Napitupulu ini mempertanyakan konsistensi jangka panjang perusahaan yang berasal dari negeri tirai bambu itu, khususnya pada aspek Sosial, Ekonomi dan Ekologi.

Plt Ketua POSPERA Bombana, Basmin mengatakan, sosial, ekonomi serta ekologi merupakan tiga aspek penting yang perlu menjadi perhatian serius bagi perusahan berbendera Cina itu.

“Kami mempertanyakan konsistensi perusahan khusus pada tiga aspek penting itu. Karena jika ini diabaikan, dampaknya sangat besar,” ungkapnya, Sabtu 31 Agustus 2019.

Dijelaskannya, dari aspek sosial perusahan tentunya harus konsisten pada perekrutan tenaga kerja lokal. Selain itu yang tak kala penting, bagaimana perusahaan memandang dan memperlakukan masyarakat di Mataoleo.

“Dari aspek ekonomi-nya, perusahaan tidak saja memikirkan profit yang akan direngkuhnya, tapi juga pada aspek ekonomi masyarakat secara jangka panjang,” ucapnya.

Belum lagi pada aspek ekologi atau lingkungan yang harus menjadi perhatian serius. Untuk itu perusahaan harus membangun teknologi yang memadai, sehingga secara jangka panjang tidak menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan.

“Jika kerusakan dan pencemaran lingkungan terjadi maka secara tidak langsung perusahaan mengamputasi sumber-sumber ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu lanjutnya, POSPERA Bombana berkomitmen untuk memantau aktivitas perusahaan pada tiga aspek tersebut.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.