BannerDepan

PT GMS Diduga Serobot Lahan Masyarakat Laonti

 

Konsel, Sultrapost.ID – PT Gerbang Multi Sejahtera (GMS) diduga lakukan penyerobotan lahan masyarakat di Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Perusahan tersebut, membuka akses jalan holing tanpa sepengetahuan pemilik lahan untuk mempermudah aktivitas penambangannya.

Kusa Hukum pemilik lahan, Oldi Aprianto mengatakan perusahaan dengan sengaja menerobos lahan warga tanpa ijin. Meski lahan tersebut tengah bersengketa, akan tetapi perusahan tidak dibenarkan membuka jalan holing.

“Yang bersengketa ini antara warga. Perusahan tidak punya kewenangan untuk memanfaatkan lahan itu untuk kepentingannya. Terlebih lagi masih dalam proses hukum,” ungkapnya, Senin 6 Juni 2022.

Dirinya juga menegaskan, pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Konsel, pun tak bisa mengintrfansi persoalan Surat Keterangan Tanah (SKT) yang menjadi sengketa saat ini. Sebab SKT bukanlah produk dari BPN.

“Pihak BPN yang di hadirkan oleh kepolisian kemarin hanya menentukan titik koordinat lokasi itu, tapi tidak memiliki kewenagan uantu memutuskan siapa pemilik lahan yang sebenarnya, tepai pengadilan yang bisa memutuskan. Karena SKT itu bukan pruduk dari BPN, jadi tidak ada hubungannya penentuan titik koordinat dan SKT,” tegasnya.

Ditempat yang sama pihak perusahaan melalui Tubagus Riko, membantah jika pihaknya telah melakukan penyerobotan lahan.

“BPN sudah memploting titik koordinat berdasarkan SKT yang mereka miliki, dan batasnya jelas, jadi dimna letak penyerobotan lahannya,” ucapnya.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.