PT TMS Prioritas Rekrut Pekerja Lokal

Bombana, Sultrapost.ID – PT Tonia Mitra Sejahtera (TMS) adalah salah satu perusahaan yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Pulau Kabaena kabupaten Bombana.

Perusahaan ini tepatnya beroperasi diwilayah kecamatan Kabaena Tengah. Dia masuk kategori perusahaan yang sangat memperhatikan masyarakat lokal, termasuk dalam hal perekrutan tenaga kerja.

Inipun dibenarkan oleh Kepala Desa (Kades) Lengora kecamatan Kabaena Tengah Awaludin saat diwawancarai khusus oleh Sultrapost.ID. Katanya, komitmen ini terbangun saat sosialisasi, yang dihadiri oleh perwakilan pemerintah, masyarakat, dan pihak PT TMS.

“Jadi nanti perekrutannya tujuh puluh, tiga puluh. Tujuh puluh persen tenaga kerja lokal, tiga puluh persen dari luar, itupun hanya ahli saja,” ucapnya, Senin 10 Desember 2018.

Selain komitmen perekrutan tenaga kerja ini, ada juga kompensasi lahan yang akan diberikan kepada masyarakat setiap pengapalan.

“Termasuk kalau ada proyek atau pengadaan kebutuhan perusahaan yang mampu dikerjakan warga lokal, akan diberikan ke warga lokal untuk mengerjakan,” tuturnya.

Olehnya itu, Awaludin menepis jika ada anggapan yang mengatakan bahwa PT Tonia tidak memprioritaskan masyarakat lokal, apalagi soal perekrutan tenaga kerja.

“Ini sudah kami antisipasi jauh jauh hari, perusahaan tidak akan melangkah ke selanjutnya, jika komitmen itu tidak disepakati. Tapi Alhamdullilah perusahaan terima semua permintaan masyarakat,” imbuhnya.

Dia menghimbau agar masyarakat, khususnya masyarakat desa Lengora tidak mudah mempercayai isu isu yang dapat merusak hubungan baik antara perusahaan dan masyarakat.

“Kalaupun ada hak hak masyarakat yang di abaikan oleh perusahaan, maka saya orang pertama yang akan mempertanyakan itu,” pungkas Awal, sapaan akrab Awaludin.

Penulis: Erwin

Editor: Aidil
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.