BannerDepan

Puncak Arus Mudik di Bombana Dipridiksi Mulai Tanggal 30 Mei

Bombana, Sultrapost.ID – Mudik lebaran telah tiba. Lebaran Idhul Fitri sebentar lagi. Masyarakat yang hendak pulang kampung (mudik) sudah harus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam perjalanan, termasuk memperhitungkan macetnya jalan dan tingginya jumlah penumpang yang menggunakan angkutan umum.

Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Bombana, melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasi) Keselamatan, Rahman, mempridiksi puncak arus mudik di Bombana akan jatuh pada tanggal 30 Mei 2019.

“Liburkan mulai tanggal 29, berarti dipridiksi mulai tanggal 30. Bagi pegawai, ada durasi libur yang cukup panjang yang diberikan oleh pemerintah,” katanya, Minggu 26 Mei 2019.

Dia menjelaskan, Bombana tahun ini dari segi pelayanan masyarakat yang hendak menggunakan angkutan laut menuju Pulau Kabaena, telah beda dengan tahun tahun sebelumnya, sebab, selain kapal kapal yang telah ada, KM Bontoharu yang memiliki kapasitas besar sudah melayani rute pelabuhan Feri Kampung Baru dan pelabuhan Sikeli.

“Alternatif ini yang bisa ditempuh oleh masyarakat, khususnya yang menuju Kabaena. KM Bontoharu memiliki kapasitas 1000 GT keatas, dan mampu memuat penumpang dikisaran lima ratusan orang, serta empat puluan roda empat sekali berlayar,” ungkapnya.

“Khusus yang menuju Kabaena. Membludaknya penumpang itu tidak akan terlalu seperti tahun tahun kemarin,” tambah pemilik warkop MM ini.

Menghadapi puncak arus mudik, saat ini, lanjut pria berkacamata itu menjelaskan, Dishub Bombana sedang intens melakukan pemantauan, pengecekan fisik kapal, dan pemantauan arus mudik dipelabuhan pelabuhan yang ada di kabupaten Bombana.

“Bahkan dengan arus balik sudah kami persiapkan sebelumnya, itu sudah diperintahkan oleh pimpinan langsung,” tutur Rahman.

Selain itu, untuk melayani pemudik, Dishub juga telah membangun dua posko, yakni posko pertama di pelabuhan Kasipute dan posko kedua di pelabuhan Feri Kampung Baru.

Laporan: Adi

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.