Raih WTP Berturut-turut, Kemenkeu RI Beri Penghargaan Pemkab Bombana

Bombana, Sultrapost.id – Sejak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, di nahkodai oleh H.Tafdil sebagai Bupati, berbagai prestasi terus ditorehkannya. Salah satunya adalah satatus Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan Badan Pengelola Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sultra.

Perestasi yang diraih selama lima kali berturut-turut itu rupanya mendapat apresiasi dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) RI, dengan sebuah penghargaan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPbn) Sultra kepada Bupati Bombana, H. Tafdil, Kamis 11 Oktober 2018.

Pada kesempatan tersebut, H.Tafdil mengatakan, WTP dan penghargaan tersebut didapatkan berkat kegigihannya dan jajarannya atas pemenuhan indikator pengelolaan anggaran yang mampu dipertanggungjawabkan dan dipertahankan sejak tahun 2013 silam hingga 2018.

“Predikat ini diraih berkat kerjasama yang baik seluruh jajaran saya. Untuk itu momentum ini kita jadikan sebagai fondasi kita agar bekerja lebih baik lagi, khusuanya dalam.pengelolaan keuangan daerah, agar terhindar dari Pungli dan lainnya,” ucapnya.

Kendati demikian, Bupati dua priode itu tetap mengingatkan kepada jajarannya bahwa opini WTP yang diraih selam lima kali tersebut bukanlah akhir, melainkan awal dari pemerintah untuk terus membenahi segala aspek yang berkaitan dengan pengelolaan anggaran.

“2005-2011 predikat Bombana masih kategori disclaimer. Kemudian tahun 2012 naik dua tingkat dengan predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Di tahun 2013 hingga kini, barulah kita berhasil mempertahankan status opini WTP,” bebernya.

Meski berhasil meraih WTP selama lima kali berturut-turut, namun lanjut dia, hal itu bukanlah batometer utama atas tercapainya seluruh aspek pembangunan daerah. Sebab masih banyak sektor pendukung lainnya yang mesti digenjot dengan maksimal agar setara dengan daerah lain di Sultra.

“Pemda Bombana sebelumnya hanya menggunakan Simda Keuangan daerah. Namun untuk lebih efektif dan efisiennya dalam mengelola anggaran secara transparan, tahun ini kami mulai menggunakan sistem e-Tracking yang berbasis transparansi,” jelasnya.

Sehingga itu Tafdil berharap agar seluruh jajaran Pemkab Bombana dapat bekerja lebih maksimal lagi dalam menggenjot program pembangunan.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.