Rasa Syukur Serta Kepedulian Pangdam Hasanuddin Sambut Idul Adha di Sultra

Kendari, Sultrapost.ID – Berkurban menjadi bagian yang tak terlepaskan dari perayaan Idul Adha. Sebab, selain menjadi salah satu anjuran bagi umat Islam yang mampu menunaikannya, berkurban juga merupakan bentuk tanda syukur atas nikmat Allah.

Jika dibandingkan dengan hari raya sebelumnya, Idul Adha 1441 Hijriah tahun ini tentunya sangat berbeda. Kali ini orang-orang yang mampu menunaikan anjuran agama tidak hanya sebatas bentuk rasa syukurnya atas nikmat Allah saja, melainkan juga sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap masyarakat ditengah menghadapi pandemi Covid-19.

Hal itu lah yang dilakukan oleh Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka. Sejak virus global ini melanda Bumi Anoa, ia terus menunjukan rasa kepeduliannya kepada masyarakat kurang mampu.

Penyerahan Hewan Kurban dari Danrem 143/HO, Brigjen TNI Hannie Aldrin Siahaan.

Di hari raya Idul Adha tahun ini, selain sembako di beberapa wilayah, ia juga membagikan 15 ekor sapi. Belasan hewan kurban tersebut di bagi di empat daerah yakni Kabupaten Kolaka, Konawe, Konawe Selatan (Konsel) dan Kota Kendari oleh Tim Relawan Aku Sayang Rakyat (ASR).

Ketua Tim Relawan ASR, Andi Ady Aksar mengatakan berkurban merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Tim ASR setiap tahun, hanya saja pada perayaan Idul Adha tahun ini pihaknya berkurban hingga di empat daerah.

Penyerahan bantuan sembako Pangdam Hasanuddin oleh Yonif 725 Woroagi kepada warga.

“Mengingat masih banyaknya saudara-saudara kita yang terkena dampak covid dan yang membutuhkan. Insya Allah dengan program ASR berkurban ini dapat membantu atau mengurangi beban saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ungkapnya, Jumat 31 Juli 2020.

Pria yang kerap disapa Ady itu menyebutkan, untuk Kabupaten Kolaka satu ekor sapi yang akan disembelih berada di Desa Tikonu, Kecamatan Wundulako, semantara dua ekor sapi di Kabupaten Konawe, dibagi di dua Kecamatan yakni Desa Pudai, Kecamatan Wonggeduku dan Desa Asaki, Kecamatan Lambuya.

Proses pemotongan kurban di Desa Asali, Kecamatan Lambuya, Konawe.

“Di Kota Kendari ada delapan ekor sapi yang kita bagikan, tiga kami serahkan ke Korem 143/HO sementara lima ekor lainnya di bagi di Kecamatan Kadia, Puwatu dan Wua-wua. Sedangkan di Konsel tiga ekor sapi tersebut akan di sembelih Sabtu besok,” bebernya.

Penyaluran Kurban di Kendari Sasar Pekerja Harian Lepas dan Lansia

Di Kota Kendari, selain di Korem 143/HO, penyembelihan lima ekor hewan kurban lainya di bagi di tiga wilayah yakni di Jalan Anawai, Kelurahan Anawai, di Jalan Bahagia, Kelurahan Bonggoeya, Kelurahan Tobuha, Kecamatan Puwatu serta Jalan Balai Kota II, Kelurahan Pondambea.

Koordinator Kurban, Erfandi mengatakan daging kurban yang telah disembelih tersebut dibagi kepada pekerja buruh harian lepas, driver ojek pangkalan, ojol serta lansia.

Proses pemotongan kurban oleh Relawan ASR di Kota Kendari.

“Untuk di Kelurahan Anawai selain 120 paket daging kurban, kami juga membagikan 100 paket sembako kepada masyarakat setempat yang terdampak covid-19. Sedangkan dua ekor sapi di Jalan Balai Kota II akan di sembelih pada Minggu 2 Agustus, ” ujarnya.

Masjidin warga Kelurahan Anawai mengaku sangat bersyukur dengan adanya bantun sembako dan kurban dari Pangdam Hasanuddin yang diberikan oleh Tim ASR.

Bantuan sembako Pangdam Hasanuddin diserhkan oleh Relawan ASR kepada warga Kelurahan Anawai, Kecamatan Wua-wua, Kota Kendari.

“Bantuan sembako dan sapi layak kurban dari Tim ASR betul-betul membantu masyarakat. Sebagian besar masyarakat memang berprofesi sebagai buruh lepas dan tenaga informal, mereka sangat bersyukur dgn adanya kegiatan bantuan ini, terima kasih ASR,” ucapnya.

Andi Sumangerukka Sosok Dermawan yang Suka Berbagi

Dimata masyarakat Kolaka, Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangeruka rupanya dianggap sosok Jenderal yang dermawan. Ia di sebut-sebut senang berbagi dalam meringankan bebang masyarakat.

Daging kurban yang siap di bagi kepada warga di Desa Tikonu, Kecamatan Wundulako, Kolaka.

Hal tersebut di ungkapkan Kepala Desa Tikonu, Kecamatan Wundulako, Kolaka, Indrawan Abbas. Kata dia, masyarakat di desa nya menganggap Andi Sumangerukka sebagai sosok panglima yang dermawan.

Pembagian daging kurban dari Relawan ASR kepada warga

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dengan adanya adanya bantuan dari bapak panglima kami. Baru pertama kalinya seorang panglima mau berbagi di desa kami. Kami juga sangat berterima kasih kepada relawan ASR Kolaka yang sudah membantu pemerintah dan masyarakat untuk berbagi kurban,” tutupnya. (Adv)

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.