BannerDepan

Soal Pencemaran Lingkungan di Kabaena, KNPI Minta Dewan Panggil Pihak Terkait

Bombana, Sultrapost.Id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten Bombana meminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) agar memanggil pihak pihak terkait, soal pencemaran lingkungan yang terjadi diwilayah Pulau Kabaena khususnya kecamatan Kabaena Barat dan Kabaena, akibat aktivitas pertambangan.

Hal ini tertuang dalam surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPD-KNPI Bombana untuk dewan bernomor 00352/DPD/KNPI-Bombana/XI/2018 tanggal 30 November 2018.

“Sehubungan dengan terjadinya pencemaran lingkungan yang diakibatkan ativitas pertambangan di daerah Pulau Kabaena, khususnya kecamatan Kabaena Barat dan Kabaena, maka dengan ini kami menyampaikan rekomendasi kepada bapak, untuk dilakukan pemanggilan pihak pihak terkait,” kata Ashar (Ketua KNPI Bombana) dan Agustamin Saleko (Sekretaris KNPI Bombana) dalam surat yang mereka keluarkan.

Dilampiran surat menyebut, data kerusakan alam diwilayah itu akibat aktivitas pertambangan adalah pencemaran air laut, pendangkalan laut akibat lumpur, kerusakan terumbu karang, kerusakan ekosistem didaerah pesisir, banjir didaerah kelurahan Teomokole, kegagalan petani rumput laut, dan penurunan penghasilan masyarakat nelayan.

Sedangkan korban kerusakan alam (masih dalam lampiran surat) adalah dua balita yang terjebak dalam lumpur, korban banjir kelurahan Teomokole, dan masyarakat nelayan.

Penulis: Erwin
Editor: Leros

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.