BannerDepan

Soal PT MM, Komando Sebut Anggota DPR RI Inisial RM Diduga Terlibat

Kendari, Sultrapost.ID – Polemik munculnya nama PT Mining Maju di aplikasi Minerba One Data Indonesia (MODI) ESDM, masih menjadi sorotan. Pasalnya, ada dugaan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang di gunakan perusahaan yang beraktivitas di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) itu fiktif.

Konsorsium Mahasiswa dan Pemuda Indonesia (Komando) menyebut ada indikasi keterlibatan salah satu oknum anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra, inisial RM yang ikut memuluskan dugaan pelanggaran PT MM.

Ketua Komando, Alki Sanagri mengatakan RM merupakan mantan Bupati Kolut dua periode yang telah mencabut IUP Eksplorasi PT MM kala itu. Dan kini ia merupakan anggota Komisi VII DPR RI, yang membidangi pertambangan.

“Tahun 2014 RM masih menjabat sebagai Bupati Kolut kala itu dan telah mengeluarkan SK dengan nomor 540/197 tentang pencabutan IUP Eksplorasi PT MM. Nah ini kan aneh, dengan posisinya sebagai anggota komisi VII DPR RI sekarang, RM seolah tutup mata. Padahal ia mengetahui persis persoalan PT MM,” ungkapnya, Jumat 17 November 2023.

Sehingga menurut Alki, RM patut diduga kuat ikut terlibat dalam pusaran kasus PT MM. Lanjutnya, peran dari salah satu oknum pegawai ESDM RI juga diduga menjadi faktor utama sehingga munculnya nama perusahaan tersebut di MODI.

“Tahun 2018 lalu, dilakukan rekonsiliasi IUP di Sultra, dan PT MM tidak terdaftar sebagai perusahaan pemilik IUP. Bahkan pihak ESDM Sultra, telah mengeluarkan SK bahwa PT MM itu tidak memiliki IUP OP. Sehingga tidak ada alasan lagi, ESDM harus segera menghapus nama PT MM di MODI,” ucapnya.

Alki menambahkan, pihaknya juga meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk memeriksa oknum-oknum mafia yang diduga terlibat dalam dugaan pemalsuan izin PT MM.

Hingga berita ini terbit, anggota DPR RI, RM yang coba di konfirmasi melalui WhatsApp-nya, tak kunjung memberikan jawaban.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.