Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana Secara Dini, BPBD Sultra Sasar Pelajar SMA

Muna, Sultrapost.ID – Guna mengurangi resiko bencana secara dini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sultra melakukan sosialisasi, Kamis 7 November 2019.

Kegiatan perdana yang berlangsung di salah satu hotel di Raha, Kabupaten Muna itu akan dilakukan secara bertahap di seluruh Kabupaten dan Kota di Sultra serta menyasar pelajar SMA dan SMK sederajat.

Tujuannya memberikan pengetahuan secara dini pada para pelajar terhadap resiko bencana alam.

Sekretaris BPBD Sultra, Yauri J. Bungin, menjelaskan jika sosialisasi ini selain memberikan pemahaman kepada pelajar tentang pencegahan bencana alam secara dini juga dapat memberikan pemahaman pengurangan resiko dan peningkatan kapasitas pelajar dalam merespon dan memitigasi dampak atau risiko bencana.

“Minimal mereka tau menyelematkan diri tiba-tiba terjadi bencana, apa yang dia lakukan” sebutnya

Selain itu juga pihaknya mendorong peran pelajar dalam menjaga kelestarian alam. Karena itu bagian dari pencegahan serta mengurangi dampak dan resiko bencana yang terjadi dilingkungannya.

“Karena stek kita ini sekarang kan, alam jaga kita, kita jaga alam. Maka marilah kita jaga alam agar alam ramah dengan kita” cetusnya

“Kita beri juga mereka pengetahuan evakuasi-evakuasi dalam menghadapi bencana,” tambahnya

Senada yang disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Muna, La Ode Ikbar Rifai jika kegiatan ini sangatlah penting untuk diketahui olah para pelajar dalam membangun budaya siaga menghadapi bencana dilingkungan sekolah maupun masyarakat secara umum.

“Sosialisasi ini dapat memperkenalkan model kesiap siagaan dan pencegahan terhadap bencana alam pada para pelajar,” kata La Ode Ikbar Rifai pada sambutannya

Pria yang kerap disapa Dody itu menambahkan, dengan adanya kegiatan ini pula dapat memberikan manfaat besar bagi pelajar terkait pengetahuan pencegahan bencana.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pelajar dalam menghadapi bencana,” imbuhnya

Diketahui Kegiatan Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Muna, La Ode Ikbar Rifai. Turut hadir Sekretaris BPBD Provinsi Sultra, Yauri J. Bungin, Kepala Seksi Kesiapsagaan, Dody Rizal Puuwa Woa, Kasubag Program, Haridju Ringkoda termasuk 70 pelajar dan guru pendamping.

Laporan: Ison
Editor: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.