Sultra Jadi Jalur Tol TKA di Morowali, Imigrasi Kendari Seolah Tak Tahu

 

Kendari, Sultrapost.ID – Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak hanya menjadi wilayah serbuan dari Tenaga Kerja Asing (TKA) saat ini, melainkan juga menjadi jalur tol pekerja asal tingkok tersebut.

Ini di buktikan dengan kedatangan 26 TKA di bandara Halu Oleo, pada Selasa 23 Februari 2021. Puluhan pekerja asal negeri tirai bambu itu kabarnya akan di pekerjakan di salah satu perusahaan pemurnian Nickel di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ironisnya, pihak Imigrasi Kelas I TPI Kendari justru tidak mengetahui mengenai kedatangan puluhan TKA tersebut.

Kepala Seksi (Kasi) Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Mongin yang dikonfirmasi diruangannya, mengaku kaget dengan adanya informasi tersebut.

Puluhan TKA yang tiba di Bandara Halu Oleo Kendari.

“Kami kaget juga itu dapat informasi itu, dan kami sedang dalami terkait perizinan yang mereka miliki. Kami akan berkoodinasi dengan Kantor Imigrasi Banggai yang memiliki wilayah hukum di Sulteng,” katanya.

Dirinya menyebutkan, para TKA tersebut akan bekerja di PT. Transon Bumindo Resources (TBR) yang berkedudukan di Morowali.

Terkait protokol Covid-19 Kasi Intelijen mengatakan sesuai aturan berlaku di masa Pendemi, TKA sebelum masuk di Negara Indonesia ada protap yang harus dilalui. Salah satunya isolasi mandiri selama 14 hari dan bebas dari Covid-19 sebelum masuk ke Indonesia dan juga TKA harus didampingi dengan tenaga medis.

“Wajib dilakukan Screening saat masuk di Bandara dan kalau mengikuti aturan dipastikan mereka memiliki dokumen-dokumen bebas dari Covid-19,” tutupnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, 26 TKA tersebut berangkat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar menggunakan Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA604.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.