Tak Becus Kelola DD, Kades Sambasule di Adukan ke Kejati dan Polda Sultra

Konut, Sultrapost.ID – Kepala Desa (Kades) Sambasule, Kecamatan Motui, Kabupaten Konut, Pudin di adukan ke Polda dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultara, 25 Juni 2019.

Ia diadukan oleh Aliansi Masyarakat Desa Sambasule (Almadesa) lantaran dianggap tidak becus dalam mengelola Dana Desa (DD) yang terindikasi mengakibatkan merugikan negara.

Ketua Almadesa, Oscar membeberkan, berbagai program kegiatan yang dilaksanakan Kades Sambasule sejak tahun 2017 sampai 2018 tidak sesuai Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan tak kunjung selesai.

“Mulai dari pembuatan Rens sapi, pengadaan bibit merica, pengadaan
bibit sapi, normalisasi sungai dan pengerjaan jalan usaha tani yang di dilakukan tahun 2017 tidak sesuai RAB dan juga tak kunjung selesai,” ungkapnya.

Disebutkannya, untuk pembuatan rens sapi tahun 2017, jika berdasarkan RAB lahan yang digunakan seluas 8 hektar. Akan tetapi tidak sesuai volume, gambar dan RAB-nya. Dimana fakta dilapangan ditemukan luas lahan yang yang digunakan hanya 150 x 230 meter.

“Belum lagi pengadaan bibit sapi-nya saja tidak sesuai ukuran dan tidak memenuhi syarat. Begitu juga pengadaan bibit merica di tahun anggaran yang sama. Selain tidak sesuai RAB, bibit yang didatangkan juga banyak yang mati dan tidak layak tanam,” sebutnya.

Ironisnya kata Oscar, indikasi kerugian negara atas poengelolaan DD yang tidak becus itu kembali dilakukan Pudin, di tahun 2018. Dimana pekerjaan peningkatan jalan usaha tani dan normalisasi sungai yang dilakukan tidak sesuai RAB dan tak kunjung selesai hingga terbengkalai.

Pengelolaan Dana Desa

Jembatan yang dibangun untuk peningkatan jalan usaha tani yang terbengkalai

“Peningkatan jalan usaha tani berupa pembuatan Deker Plat sebanyak 2 Unit dan pembuatan jembatan permanen 1 Unit, yang menelan anggaran kurang lebih Rp 167 juta sampai hari ini juga belum selesai dan terbengkalai. Sedangkan normalisasi sungai itu tidak sesuai RAB juga,” ucapnya.

Belum lagi lanjutnya, Tim Pengelola Kegiatan (TPK) serta Bendahara Desa Sambasule tidak difungsikan dalam setiap kegiatan, baik kegiatan pembangunan fisik maupun non fisik.

Sementara itu, Kades Sambasule Pudin yang coba di konfirmasi melalu telepon selulernya belum memberikan jawaban.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.