Tingkatkan Minat Baca di Bombana, Andi Nirwana di Nobatkan Sebagai Bunda Baca

Bombana, Sultrapost.ID – Loyalitas tanpa batas sangat tepat disematkan kepada Anggota DPD RI Hj Andi Nirwana Sebbu, sebab dengan kesibukan yang sangat padat sebagai jembatan aspirasi masyarakat, ia masih terus berkarya di Kabupaten Bombana.

Baru-baru ini, Srikandi cantik itu di nobatkan oleh Bupati Bombana H Tafdil sebagai Bunda Baca priode 2021 sampai 2022 lantaran dinilai sebgai ibu Role Model yang bisa menginspirasi serta memberikan motivasi, bangkitnya kegemaran membaca dalam rangka meningkatkan indeks literasi masyarakat bombana menuju masyarakat cerdas

Penyematan di berikan bertepatan dengan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 yang diselenggarakan di pelataran Kantor Bupati Bombana pada Kamis 28 Oktober 2019.

Senator perwakilan Sultra itu mengatakan pengukuhan dirinya  sebagai Bunda Baca merupakan amanah sekaligus anugerah yang akan dipersembahkan untuk masyarakat Bombana supaya cinta dan gemar membaca.

”Untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia Bombana salah satu indikatornya dengan kebiasaan masyarakat membaca. Itu yang akan menjadi tujuan saya kedepan,” ungkapnya.

Wanita yang juga sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana ini, berharap agar para ibu selalu menanamkan kebiasaan membaca kepada anak-anak sejak dini. Sebab itu merupakan langkah awal dalam memberikan stimulasi baik kepada jabang bayi. Karena ibu yang gemar membaca akan mempengaruhi  si jabang bayi kelak jika dia lahir menurunkan sifat ibunya.

“Kemudian, membiasakan membaca ceritra atau dongeng kepada anak sebelum tidur yang berisi pesan-pesan moral yang bernilai positif. Membiasakan anak berkunjung ke perpustakaan atau orang tua  mengajak anak-anak rekreasi ke toko buku,” katanya.

Mantan anggota DPRD Bombana itu juga mengungkapkan, majunya teknologi informasi saat ini telah berdampak luas dalam kehidupan sehari-hari dan salah satunya mempengaruhi kebiasaan membaca anak-anak dirumah.

“Saya juga menghimbau para ibu agar tidak membiasakan memberikan sarana komunikasi yang tidak tepat kepada anak-anak, tetapi lebih kepada mengajak untuk banyak membaca buku sesuai tingkatan umur dan perkembangan anak-anak di rumah,” pintanya.

Sebagai Ketua PKK, Andi Nirwana berjanji akan terus mengkampanyekan gerakan minat baca masyarakat bombana. Bahkan ia akan mendorong dan menumbuh kembangkan TP PKK Kabupaten, Kecamatan hinga Desa untuk aktif melakukan sosialisasi gerakan bombana gemar membaca.

“Kita harus mendukung gerakan Bombana gemar membamca yang diaplikasikan melalui program pokok PKK, yaitu pendidikan dan keterampilan,” pungkasnya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bombana Akhmad Tona,S.IP. mengungkapkan, pihaknya menyambut positif dengan adanya pengukuhan Bunda Baca Kabupaten Bombana. Bahkan pengukuhan Bunda Baca akan ditindaklanjuti di Kecamatan hingga ke Desa-desa.

“Kita akan terus mensosialisasikan pentinganya budaya baca dan kegemaran membaca. Dan tentunya mendukung setiap program Bunda Baca untuk meningkatkan kualitas masyarakat Bombana” kata kadis.

Laporan: Aidil

 

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.