Tingkatkan Palayanan Laut, Dishub Utus Personil Berlatih ke Jakarta

Bombana, Sultrapost ID – Baru baru ini, Dinas Perhubungan (Dishub) mengutus salah satu personilnya, Rahman SH MM., mengikuti diklat di Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) di Jakarta.

Di BPPLTL, bawahan Sahrun di Dishub Bombana ini belajar tentang kesahbandaran. Bertujuan untuk menangani kesalamatan jiwa di laut sesuai IMO dalam solas cehpter 2, serta meminimalisir kecelakan di kapal, termasuk menangani prosedur keselamatan di kapal sampai pada pemadaman apa bila terjadi kebakaran.

“Juga dilatih apa bila 2019 nanti, Permenhub (peraturan mentri perhubungan) nomor 39 tahun 2017 di alihkan kembali ke daerah yaitu penanganan kapal GT 7 kebawah, Kementrian perhubungan sementra mengodok regulasinya,” ucap Rahman, Minggu 9 Desember 2018.

Katanya, kegiatan ini juga telah menjawab pemberitaan beberapa waktu lalu yang memuat soal pelayanan dipelabuhan dan sempat viral di Media Sosial (Medsos), terkait keluhan masyarakat.

Dan hari ini, lanjut Rahman, dia pun sudah mengaplikasikan ilmu yang dia dapat saat diklat dengan mendatangi dan memeriksa sejumlah kapal di pelabuhan utama Kasipute, khususnya rute Kasipute-Kabaena.

“Yah tadi saya sudah mulai melakukan pemerikasaan sesuai bidang dan ilmu yang aku dapatkan,” tuturnya.

“Tinggal kami akan zonasi yang mana wilayah kementrian dan mana daerah, DLkr dan DLkp itu juga di atur dalamm Undang Undang (UU) nomir 17 tahun 2008, sehingga tidak saling tumpah tindih pekerjaan dan kepentingan di areal pelabuhan dan pantai,” tambah Dia.

Rahman berharap, Dishub Bombana kedepan menjadi pailot project untuk daerah lain sehinga melahirkan transportasi yang di banggakan oleh masarakat, hususnya wilayah Bombana.

“Sehinga transportasi laut merupakan alat yang nyaman di gunakan untuk penyeberangan, bukan menakutkan,” pungkas alumni akademi pelayaran tahun 2004 itu.

Penulis: Erwin

Editor: Leros

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.